SPIK 2016 Highlights

“Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.  1 Yoh 2: 17 

SPIK 2016 kali ini dihadiri langsung oleh 5.800 peserta di RMCI Kemayoran dan disiarkan ke berbagai kota dan negara lainnya, termasuk di PRII Makassar. Sesi pertama dimulai dengan kata pembukaan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong yang kemudian disambung oleh Pdt. Billy Kristanto yang memberi gambaran luas tentang 1 jabatan dan 3 fungsi yang khusus dimiliki oleh Yesus Kristus. Pdt. Antonius Un kemudian menjelaskan lebih detail tentang jabatan Yesus sebagai nabi yang merupakan juru bicara Allah untuk menegur dosa manusia. Sebagai nabi yang merupakan Firman itu sendiri, Yesus disebut nabi di atas segala nabi yang muncul sebelum Dia.

Pdt. Agus Marjanto berbicara tentang Kristus sebagai Imam yang melakukan korban supaya murka Allah dipuaskan dan melakukan syafaat sebagai perantara antara manusia dengan Allah. Oleh karena pengorbanan Tuhan Yesus yang begitu besar, jemaat dihimbau untuk menghormati dan memelihara kesucian yang merupakan anugerah dari Tuhan serta pergi menginjili orang lain yang belum mengenal Yesus.

Pdt. Ivan Kristiono memimpin sesi selanjutnya tentang Kristus sebagai Raja damai yang datang untuk manusia berdosa. Kerajaan-Nya memerintah di seluruh aspek kehidupan kita dengan perdamaian dan keadilan.

Setelah makan siang bersama, sesi dilanjutkan oleh Pdt. Michael Densmoor yang berasal dari Amerika Serikat dan memulai pelayanan penginjilan kepada orang Sunda di saat beliau berumur 25 tahun. Pada tahun 2005, beliau ditahbiskan menjadi pendeta di GRII oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Dalam sesi SPIK ini, Pdt. Densmoor membawa peserta kepada aplikasi doktrin Kristologi ke dalam konteks jaman kini yang lebih mengandalkan spiritualitas pribadi tanpa relasi intim dengan Yesus Kristus. Pdt. Dr. Stephen Tong kemudian memimpin sesi penutupan yang diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Kiranya SPIK 2016 ini dapat memperlengkapi kita sekalian dengan pengertian doktrin yang bertanggung jawab untuk membawa orang di sekitar kita kepada pengenalan akan Yesus Kristus. Tuhan memberkati.

Soli Deo Gloria.

 

Advertisements